Binance Ethereum

DEX yang Lagi Naik Daun, Apa Itu Uniswap dan Pancakeswap?

single-image

Fintexnews.com – Bagi para penggemar crypto saat ini pasti pernah mendengar salah satu platform pertukaran mata uang crypto terdesentralisasi alias Decentralized Exchange (DEX) yang lagi naik daun, yakni Uniswap dan Pancakeswap.

Uniswap, ini seperti halnya PancakeSwap, merupakan platform DEX yang mengalami peningkatan signifikan dari segi teknologinya di seluruh protokol Decentralized Finance (DeFi) dalam hal volume protokol likuiditasnya (pool likuiditas).

Pool likuiditas ini merupakan kumpulan token crypto yang dikunci dalam smart contract. Bukan cuma itu, selain memiliki proporsi dana tertentu, protokol juga memungkin setiap orang menjadi pembuat pasar.

Saat ini kedua platform tersebut sedang hangat diperbincangkan di kalangan penggemar crypto. Terlebih banyak proyek DeFi termasuk Uniswap dan Pancakeswap yang menawarkan pengolahan aset crypto ke penggunanya untuk mendapatkan keuntungan dengan hanya memasukan aset tersebut ke dalam protokol.

Lalu apa itu Uniswap dan PancakeSwap?

Uniswap adalah protokol yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar token ERC20 (token di blokchain Ethereum) mereka tanpa harus menggunakan buku pesanan atau perantara lain.

Protokol yang dikembangkan oleh Hayden Adams ini beroperasi dengan tidak membebankan biaya platform ataupun biaya perantara selain membebankan biaya gas pada jaringan Ethereum.

Selain itu, jika kebanyakan bursa lainnya menentukan nilai tukar berdasarkan pada penjual dan pembeli dalam pasar, nilai tukar token-token di platform ini didasarkan pada persamaan algoritma matematika yang akan secara otomatis menghitung saldo antara kedua token tersebut, lalu membandingkannya dengan permintaan aktual dari pasangan tukar ini.

Uniswap hadir dengan fitur teknologi unik. Fitur ini terkait dengan mekanisme penetapan harga atau dikenal sebagai ‘Constant Product Market Maker Model’. Mekanisme ini membuat token ERC20 apa pun dapat ditambahkan ke dalam protokol Uniswap. Tentunya nilai ini akan setara dengan ETH dan token ERC20 yang diperdagangkan nantinya.

Selain itu, Uniswap hadir memberikan solusi terkait masalah likuiditas yang ada pada bursa pertukaran biasa lainnya. Platform Uniswap menghadirkan penyediaan likuiditas secara otomatis. Sehingga, tidak lagi bergantung pada mekanisme pembeli dan penjual yang biasanya harus ada untuk menciptakan likuiditas itu sendiri.

Jika kalian memiliki aset cukup banyak dan ingin memiliki pendapatan dari crypto ERC20, Uniswap bisa digunakan sebagai platform pertukaran yang dapat memberikan keuntungan itu.

Perlu diingat juga, penggunaan Uniswap ini masih tergolong kepada pengelolaan aset yang risikonya tinggi. Tetap gunakan manajemen risiko dan aset kamu sebaik mungkin, terlebih pelajari lebih lanjut tata kelola dari Uniswap ini.

PancakeSwap

PancakeSwap adalah pertukaran terdesentralisasi yang dirancang untuk menukar token BEP20 di bawah Binance Smart Chain (BSC). PancakeSwap adalah protokol DeFi baru. PancakeSwap bisa dibilang mirip dengan Uniswap.

Platform ini baru-baru ini sangat aktif di jaringan BSC. Ketika dianalisis dengan angka, posisinya selalu berada di posisi teratas. Platform ini memungkinkan orang yang bergabung memperoleh pendapatan dari biaya transaksi serta menjadi pembuat pasar.

Kemudian, kalian juga bisa menghubungkan wallet crypto ke platform hingga maksimal tujuh dompet. Selain itu, platform ini juga memungkinkan kalian mengumpulkan koleksi non-fungible token (NFT) dengan token CAKE. Kalian memiliki kesempatan untuk memenangkan koleksi dengan metode seperti lotere untuk memenangkan NFT tersebut.

Adapun CAKE token merupakan bagian dari proyek PancakeSwap. Token ini termasuk token utilitas yang digunakan untuk layanan seperti staking , farming, dan governance. Berkat fitur model tata kelola baru, keputusan yang diambil oleh komunitas memilih desain baru dan perkembangan terkini terkait token ini.

Kalian bisa bilang kalau token ini berstandar token BEP-20, itu meningkatkan pasokannya dengan 25 CAKE per blok. Saat membeli koin, kalian harus memanfaatkan peningkatan pasokan dengan baik. Karena jika Anda membeli CAKE dari bursa Binance dan membiarkannya menunggu beberapa saat, kerugiannya akan mempengaruhi kalian.

Dimungkinkan untuk mendapatkan hadiah token CAKE asalkan kalian memberikan likuiditas ke cryptocurrency di BSC dan pasangan transaksi off-chain (dalam rantai blok yang berbeda) atau dengan imbalan saham CAKE tadi.

img-ads

You may also like

img-ads