Cryptocurrency News Sport

Lionel Messi Bukan Pemain Sepakbola Pertama yang Dibayar Pakai Uang Crypto

single-image

Fintexnews.com – Lionel Messi resmi bergabung dengan klub elite Prancis Paris Saint-Germain (PSG) pada musim ini. Di PSG, Messi akan menerima gaji 35 juta euro atau setara dengan Rp 591,43 miliar (asumsi kurs Rp 16.898,03 per euro) per tahun.

Selain gaji, sejumlah bayaran lain yang akan diterima timnas Argentina berusia 34 tahun itu adalah mata uang kripto. Uang kripto yang akan diterima Messi nanti adalah fan token (PSG fan token) atau aset digital. Seperti Bitcoin dan mata uang digital lain, fan token sedang populer dikalangan fans sepak bola.

Dengan kontrak bayaran memakai asset digital ini, sekaligus diproyeksikan dapat mendongkrak dan menjadi promosi untuk asset digital baru tersebut. Messi akan berseragam PSG dengan kontrak selama dua tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Seperti dilaporkan Reuters, PSG menyebutkan bahwa fan token itu dimasukkan dalam “paket selamat datang” Messi yang dilaporkan media mencapai 25-30 juta euro (Rp 422 – 506 miliar). Klub Prancis ini tidak mengungkapkan berapa proporsi fan token dalam paket itu, cuma menyatakan jumlahnya “signifikan.”

Menurut laporan Hypebeast, perdagangan koin digital PSG meningkat hingga USD 1,2 miliar atau setara dengan euro beberapa hari sebelum kedatangan Messi ke Paris.

Bahkan, setelah Messi gabung PSG, penjualan koin terbaru raksasa Liga Prancis itu mencapai 30 juta euro. PSG mengambil sebagian besar dari hasil penjualan tersebut, nilainya diklaim mencapai 15 juta euro.

Di luar gaji dan bayaran dengan uang crypto, sejumlah pemberitaan menyebut Messi akan mendapatkan bonus lain dari kontrak dua tahun dengan PSG. Beberapa tambahan itu adalah keuntungan penjualan jersey hingga hak citra.

Fan token sendiri saat ini tengah marak di lingkungan klub sepak bola. Selain PSG, sejumlah klub-klub top Eropa juga menggunakan mata uang digital ini, sebut saja Manchester City dan AC Milan.

Bukan Pemain Pertama Dibayar pakai Crypto

Lionel Messi sebenarnya bukan pemain sepak bola pertama yang menerima bayaran menggunakan crypto. Sebelumnya mantan penggawa Real Madrid David Barral juga pernah dibeli menggunakan mata uang kripto (cryptocurrency) Bitcoin.

Sport Bible melansir, Barral resmi menandatangani kontrak dengan tim Segunda B DUX Internacional de Madrid awal 2021 lalu dalam kesepakatan melalui Bitcoin. Barral sekaligus menjadi pemain bola pertama yang dibeli menggunakan crypto.

Bitcoin adalah mata uang digital yang diperdagangkan lewat skema online peer to peer. Semua transaksi perdagangan Bitcoin terjadi secara langsung tanpa perantara.

Klub, yang merupakan bagian DUX Gaming -klub eSports milik pesepakbola Borja Iglesias dan Thibaut courtois, belum mengungkap nilai total dalam kesepakatan tersebut.

Namun, kepindahan Barral dimungkinkan oleh sponsor DUX Internacional dengan Criptan, platform lokal yang berfungsi untuk pembelian dan penjualan mata uang kripto atau CryptoAdventure.

Dalam unggahan di media sosial, Internacional menyambut kedatangan sang striker sambil berterima kasih kepada sponsor mereka. “David Barral pemain baru DUX Internacional de Madrid. Selamat datang di klub tanpa batas,” bunyi pernyataan klub di Twitter resmi.

“Dia menjadi pemain pertama yang dalam sejarah yang menandatangani kontrak menggunakan cryptocurrency. Terima kasih kepada Criptan, sponsor baru kami yang memungkinkan ini terjadi.”

Barral yang mencatat lebih dari 50 penampilan di Real Madrid B, juga mengungkapkan kegembiraannya bisa gabung Internacional.

“Senang bisa bergabung dengan proyek @interdemadrid dengan ambisi dan tanggung jawab besar untuk terus bersaing dan mencapai tantangan penting dalam karier saya,” tulis Barral di Twitter resminya waktu itu.

img-ads

You may also like

img-ads