Tak Berkategori

Memahami Apa Itu Coin Burning, Mengapa Harus Dibakar?

single-image

Fintexnews.com – Istilah yang dipakai para trader cyrpto memang aneh-aneh. Misalnya istilah coin burning atau pembakaran koin. Pada umumnya istilah ini populer dan diadopsi oleh berbagai macam koin dan token dalam dunia cyrpto.

Agak aneh dan sulit dipahami memang. Kenapa koin atau token harus dibakar, fungsinya apa? Tapi fakta ini ada dalam ekosistem pasar crypto. Sederhananya, coin burning ini merupakan sebuah proses pembakaran yang disengaja untuk menghilangkan koin, sehingga koin tersebut tidak dapat digunakan kembali.

Cara gampang memahaminya lewat proses kerjanya. Jadi, coin burning ini melibatkan pengembang yang mengeluarkan aset digital. Untuk melakukannya, signature token akan dimasukan ke dalam wallet (dompet digital) yang tidak dapat diambil kembali.

Wallet ini disebut dengan “eater address” yang nantinya dapat dilihat oleh semua noda. Namun, wallet itu akan dibekukan, artinya tidak bisa melakukan transaksi pemesanan di sana. Selanjutnya, status koin ini nantinya akan dipublikasikan di blockchain.

Ada beberapa cara dalam proses coin burning, caranya tersebut bervariasi dan ditentukan dengan tujuan dari burning-nya. Beberapa pengembang akan menggunakan pembakaran dalam satu kali tahapan setelah ICO (Initial Coin Offering) selesai untuk menghapus koin dari suatu token yang tidak terjual dari peredaran.

Pendek kata, coin burning biasanya dilakukan ketika token-token itu tidak laku dijual setelah sebuah pengembang melakukan ICO.

Lalu, ada juga yang lebih suka melakukannya dalam beberapa tahapan. Seperti Binance, yang melakukan proses coin burning setiap tiga bulan, pembakaran ini merupakan bagian dari komitmen untuk mencapai 100 juta token BNB (Binance Coin) yang nantinya akan dibakar.

Stablecoin, seperti Tether (USDT) akan membuat token saat mereka menyetor dana ke cadangan mereka dan langsung membakar jumlah yang setara saat transaksi selesai.

Mekanisme yang dijalankan akan berbeda-beda, namun koin yang telah melalui proses burning tidak dapat dipulihkan dan tidak dapat digunakan kembali. Koin-koin ini nantinya secara efektif akan dikeluarkan dari peredaran dan dicatat secara publik dan pastinya dapat diverifikasi di blockchain.

Cryptocurrency bukan yang pertama dalam menentukan coin burning sebagai suatu konsep yang unik. Faktanya, proses ini memiliki kemiripan dengan gagasan perusahaan publik dalam membeli kembali saham. Mekanismenya, perusahaan akan menggunakan uang tunai dalam membeli kembali saham biasa, sehingga nantinya akan mengurangi jumlah saham yang beredar.

Pada proses ini, perusahaan meyakini nantinya akan memperkuat nilai saham dan juga bisa membantu peningkatan laba perusahaan. Meningkatnya, jumlah saham yang beredar sedikit, maka rasio laba bersih terhadap saham akan menjadi jauh lebih tinggi.

Pertanyaanya, kenapa koin harus dibakar?

Ini yang aneh. Bukankah untuk menambang koin itu butuh energi yang besar? Lalu buat apa susah-susah menambang tapi ujungnya harus dibakar. Ternyata alasannya sangat sederhana. Salah satunya untuk meningkatkan nilai koin.

Kelangkaan dalam konsep ekonomi sentral akan memberi nilai pada aset tertentu, dalam hal ini adalah crypto. Berbeda dengan mata uang fiat, aset digital crypto memiliki sifat deflasi yang berarti pasokan koin sudah tetap, tanpa koin tambahan yang dibuat setelah mencapai jumlah total pasokannya.

Seperti contohnya Bitcoin, aset digital yang satu ini memiliki persediaan tetap hanya 21 juta saja, jadi ketika permintaan meningkat maka harga dari koin Bitcoin juga akan naik karena jumlah Bitcoin yang tersedia di pasar juga terbatas.

Demikian juga ketika pasokan Bitcoin semakin menurun karena adanya proses pembakaran, maka harga dari aset digital Bitcoin akan naik karena sekarang jumlah yang beredar belum memenuhi permintaan pasar yang terus semakin bertambah

Pembakaran koin adalah metode yang paling efektif untuk meningkatkan dan menstabilkan penilaian koin dan token. Stabilitas akan memberi keuntungan bagi investor.

Kemudian memberikan insentif yang lebih besar dari biasanya dan menjaga harga koin pada tingkat yang nantinya lebih menguntungkan. Pada prinsip ekonomi juga dijelaskan, mengurangi kuantitas sesuatu akan membuatnya jauh lebih berharga.

img-ads

You may also like

img-ads