Cryptocurrency Market News

Sepekan Ini Pasar Crypto Bergairah, Bitcoin dan Ethereum Bangkit

single-image

Fintexnews.com – Dalam sepekan ini kondisi pasar crypto masih menguat dan stabil. Indikasinya delapan crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar masih mencatatkan reli, dengan mayoritas kenaikan di atas 10 persen.

Pagi ini misalnya, dari delapan kripto non-stablecoin terbesar, semuanya mengalami penguatan, di mana koin digital uniswap (UNI) memimpin penguatan kripto terbesar pada pagi hari ini.

Bitcoin melesat 6,32 persen ke level harga USD 45.989,3 per koin atau setara dengan Rp 660.866.241 per koin (asumsi kurs Rp 14.370/USD), Ethereum meroket 6,7 persen ke level USD 3.127,14/koin (Rp 44.937.002 per koin), Binance coin bertambah 4,98 persen ke USD 352,52 per koin (Rp 5.065.712 per koin).

Berikutnya Cardano tumbuh 4,58 persen ke posisi USD 1,47 per koin atau setara dengan Rp 21.124 per koin, Ripple terapresiasi 4,87 persen ke USD 0,8101 per koin (Rp 11.641 per koin), dan Dogecoin terbang 6,41 persen ke USD 0,2549 per koin (Rp 3.663 per koin).

Meskipun demikian, dalam dua bulan terakhir, mayoritas kripto masih terpantau melemah, bahkan pelemahannya ada yang mencapai di atas 20 persen. Kali ini, uniswap menjadi yang terburuk dalam dua bulan terakhir, sedangkan untuk dogecoin terpantau ambles 9,99 persen. Sedangkan Bitcoin dan Ethereum masih melesat di atas 25 persen.

Walaupun crypto terkenal akan volatilnya, namun dalam sepanjang tahun ini, kripto terbesar masih membukukan kinerja positifnya, di mana mayoritas crypto terbesar membukukan penguatan hingga ratusan, bahkan ribuan persen. Demikian dikutip dari CNBCIndonesia.

Jika dilihat dari matrik perdagangan, pulihnya Bitcoin dan Ethereum sebagai crypto terbesar tersebut dimulai pada pertengahan Juli lalu atau sekitar tiga pekan yang lalu.

Dengan catatan, membaiknya dua aset crypto itu belum kembali menyentuh ke level rekornya sepanjang tahun ini, di mana Bitcoin sempat menyentuh rekor tertinggi pada April lalu yakni di kisaran level USD 63.000, sedangkan Ethereum menyentuh rekor tertinggi pada Mei lalu di kisaran level USD 4.100.

Bitcoin mampu bertahan di kisaran level USD 45.000 dan Ethereum juga bertahan di kisaran level USD 3.000 pada Senin kemarin hingga siang tadi. Kapitalisasi pasar bitcoin pun kembali naik menjadi USD 863,75 miliar, sedangkan kapitalisasi pasar Ethereum juga naik menjadi USD 366 miliar pada hari ini.

Sentimen Amerika

Kembali bergairahnya crypto ini disinyalir karena trader semakin aktif, di tengah hasil yang kurang menggembirakan dari kompromi Senat Amerika Serikat (AS) tentang persyaratan pelaporan pajak untuk aset digital.

Senat AS pada Senin kemarin menolak amandemen kompromi bipartisan pada tagihan infrastruktur senilai USD 1 triliun mengenai pelaporan pajak cryptocurrency. Amandemen kompromi ini bertujuan untuk mengklarifikasi definisi “broker” yang berdasarkan teks ketentuan saat ini akan diminta untuk melaporkan keuntungan crypto dalam jenis formulir 1099.

Saat ini, undang-undang tersebut mendefinisikan “broker” sebagai “setiap orang yang (untuk pertimbangan) bertanggung jawab secara teratur menyediakan layanan apa pun yang mengefektifkan transfer aset digital atas nama orang lain,”

Seperti yang tertulis, hal ini berpotensi menargetkan penambang, pengembang, pemangku kepentingan, dan lainnya yang tidak memiliki pelanggan dan oleh karena itu tidak akan memiliki akses ke informasi yang diperlukan untuk mematuhinya.

Dalam amandemen kompromi, definisi “broker” diklarifikasi untuk mengecualikan validator, seperti penambang dan pemangku kepentingan. Namun, amandemen tersebut mendapat dukungan dari Menteri Keuangan AS, Janet Yellen.

Sementara itu, kabar positif datang dari perusahaan entertainment AS, AMC Entertainment yang mulai menerima bitcoin sebagai salah satu alat pembayaran untuk pembelian tiket secara online buat menonton film di bioskop.

CEO AMC Entertainment, Adam Aron mengatakan dalam siaran pers perilisan kinerja keuangan kuartal II-2021 bahwa jaringan bioskop akan memiliki sistem IT untuk mengambil cryptocurrency sebagai pembayaran pada akhir tahun 2021.

Langkah AMC ini menandai persilangan dua aset yang sangat spekulatif, yakni bitcoin yang dikenal dengan volatilitasnya yang tinggi, dan AMC, ‘bintang’ saham ‘meme’ yang disukai oleh investor ritel di forum WallStreetBets Reddit pada awal tahun ini.

img-ads

You may also like

img-ads