Computer Mining Software

Wow! NBMiner Bisa Bobol Batasan Performa Mining Teknologi NVIDIA

single-image

Fintexnews.com – Dalam beberapa waktu belakangan, para pengguna graphics processing unit (GPU) paham betul kalau sejak cryptocurrency ‘mewabah’ stok GPU menipis gara-gara pembelian besar-besaran para penambang mata uang crypto.

Alasannya sederhana, para penambang ini membutuhkan tenaga GPU besar untuk menambang. Oleh sebab itu NVIDIA menawarkan solusi lain dengan merilis GPU LHR (Lite Hash Rate) untuk GeForce RTX 3000-series yang akan membatasi peforma mining hingga 50 persen.

Upaya itu diklaim membuahkan hasil, sehingga pada akhirnya China menduplikat solusi tersebut. China kemudian membatasi bahkan melarang para penambang crypto agar stok GPU kembali normal, sehingga harganya pun turun.

Benar saja, strategi Tiongkok ini berhasil sehingga harga GPU kembali menyentuh MSRP (manufacturer suggested retail price) atau disebut juga sebagai harga eceran yang disarankan atau ditetapkan pemerintah.

Sayangnya, sistem LHR yang diklaim NVIDIA tidak bisa dibobol ini ternyata bisa ditembus juga oleh software mining ternama, NBMiner. Versi terbaru dari NBMiner yang dirilis pada 15 Agustus kemarin ini diklaim dapat mengembalikan performa mining hingga 70 persen pada GeForce RTX 30-series LHR.

Bypass LHR dari NBMiner dikabarkan masih dalam tahap pengembangan. Developer dari NBMiner merekomendasikan para penambang untuk memakai sekitar 68 persen dari performa kartu grafis untuk menjaga kestabilan sistem.

Software ini dapat digunakan di Windows maupun Linux dengan driver NVIDIA GeForce terbaru tanpa masalah. Untuk saat ini, bypass LHR hanya dapat digunakan untuk menambang Ethereum.

Beberapa orang bahkan sudah mencoba bypass LHR dari NBMiner ini. Misalnya akun Twitter @I_Leak_VN, yang menulis cuitan kalau kartu grafis RTX 3060 Ti dengan bypass LHR dapat mencapai 40.5MH/s (megahash per detik).

Jika tidak menggunakan bypass ini, kecepatan hash RTX 3060 Ti hanya menyentuh angka 30MH/s. Angka ini mengartikan GPU LHR mendapat dorongan performa mining sekitar 35 persen dari software NBMiner.

Meskipun performa mining-nya masih tidak sebanding dengan GPU non-LHR, berita ini mungkin membuat para penambang berpikir untuk menggunakan GPU LHR sebagai alat tambang. Dengan ini, masa depan stok dan harga kartu grafis kemungkinan akan kembali suram.

Di sisi lain, NVIDIA beberapa waktu lalu dikabarkan tengah mengembangkan GPU RTX generasi terbaru, RTX 4000-series. GPU generasi terbaru dari NVIDIA ini akan memakai arsitektur baru ‘Lovelace’ dan mengusung chip 5nm dari TSMC.

img-ads

You may also like

img-ads